Ter Update :
Home » » Makalah Hakikat KTSP

Makalah Hakikat KTSP

Written By Unknown on Rabu, 16 Mei 2012 | Rabu, Mei 16, 2012


BAB I
Pendahulua
  1. Latar belakang
Hakikat KTSP
  1. Kosenp dasar KTSP adalah kurikulum operasional yang di susun dan di laksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.
  2. Tujuan KTSP adalah untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan
  3. Landasan pengembangan Ktsp.yaitu di landasi oleh undang-undang dan peraturan pemerintah.

 
  1. Batasan masalah
  2. Hakikat KTSP
    1. Konsep dasar KTSP
    2. Tujuan KTSP
    3. Landasan pengembagan KTSP

 
  1. Tujuan
    Agar dapat memahami tentang Hakikat kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)

 

 
BAB II
PEMBAHASAN

 
  1. KONSEP DASAR KTSP
    Dalam standar nasional pendidikan ( SNP pasal 1,ayat 15 ) dikemukakan bahwa kurikulum Tingkat pendidikan ( KTSP ) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.
    KTSP disusun dan dikembangkan berdasrkan Undang-undang NO.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional pasal 36 ayat 1 dan 2. sebagai berikut:
    1. pengembangan kurikulum mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menwujudkan tujuan pendidikan nasional
    2. kurikulun pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversitikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik.

 
  1. TUJUAN KTSP
    Secara umum tujuan diterapkannya KTSP adalah untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan ( Otonomi ) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisi patit dalam pengembangan kurikulum.

     
Secara khusus KTSP bertujuan untuk:
  1. Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia.
  2. Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama.
  3. Meningkatkan kompetisi yang sehat antar satuan pendidikan tentang kualitas pendidikan yang akan di capai.

 

  1. landasan pengembangan KTSP
    KTSP dilandasi oleh Undang-undang dan peraturan pemerintah sebagai berikut:
  • Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang sistiknas
  • Peraturan pendidikan nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan
  • Permendiknas no. 22 Tahun 2006 tentang standar isi
  • Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang standar kompetensi kelulusan.
  • Permendiknas no. 24 Tahun 2006 tentang pelaksanaan permendiknas no 22, 23.
sal-pasal yang melandasi KTSP dapat dikemukakan Sbb:
  1. Undang-undang no. 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas, dikemukakan bahwa. SNP terdiri atas standar isi, proses, kompentesi lulusan, tenaga kependidikan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara berencana.
  2. Peraturan emerintah no. 19. Tahun 2005. peraturan tentang SNP. SNP. Merupakan kriterial menimal tentang sistem pendidikan diseluruh wilayah hukum negara kesatuan Republik Indonesia, bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan peraturan mengenai tujuan, isi, dan bahwa pelajaran serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelengaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
  3. Praturan meteri pendidikan Nasional no 22 Tahun 2006.
    Mengatur tentang standar isi untuk tujuan pendidikan dasar dan menengah yang selanjutnya disebut standar isi, lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi menimal untuk mencapai kopetensi lulusan menimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
  4. Peraturan meteri pendidikan Nasional n0 23 Tahun 2006
    mengatur tentang SKL dan standar isi. Bahwa satuan pendidikan dasar dan menengah mengembangkan dan menetapkan KTSP dasar dan menengah sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan yang bersangkutan.

 

  1. Karakteritis KTSP
KTSP merupakan bentuk operasional pengembangan kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah, yang akan memberi wawasan baru terhadap sistem yang sedang berjalan selama ini.

 

  1. Pemberian otonomi luas kepada sekolah satuan pendidikan
  2. Partisipasi masyarakat dan orang tua yang tinggi
  3. Kepemimpinan yang demokratism dan protensional
  4. Tim kerja yang kompak dan transparah.

 


 
BAB III
KESIMPULAN

 
  1. Kesimpulan
    Hakikat kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ) meliputi:
    1. konsep dasar KTSP
    2. Tujuan KTSP
    3. Landasan pengembangan KTSP

 

  1. Saran
    Kami dari makalah mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kami mohon kritikan dan saran sifatnya membangun agar kedepanya kami bisa membuat makalah yang lebih baik

 


 
DAFTAR PUSTAKA
    Dr.t. Mulyasa. M.Pd. kurikulum tingkat satuan pendidikan 2006.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Share this post :

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MAULANA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger